PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN JENIS PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG UNGU (Solanum melongena L.)

Authors

  • Kiki Dita Ayu Ninda Sari Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Juli Santoso Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian UPN ”Veteran” Jawa Timur
  • Nora Augustien Kusumaningrum Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/plumula.v9i1.103

Keywords:

komposisi media tanam, pupuk kandang, terung ungu

Abstract

Terung (Solanum melongena L.) merupakan salah satu tanaman hortikultura yang telah lama dibudidayakan baik di perkarangan maupun di lahan budidaya untuk dimanfaatkan buahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi media tanam dan jenis pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman terung ungu varietas Antaboga. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Mei 2020 di Desa Pabean  Kecamatan Sedati Kebupaten Sidoarjo Jawa Timur. Penelitian ini merupakan percobaan Faktorial dengan dua faktor yang disusun berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan  3 ulangan. Faktor I : Komposisi Media Tanam (M) yang terdiri dari 3 taraf, yaitu : M1 = tanah : pupuk organik (1:0), M2 = tanah : pupuk organik (1:1), M3 = tanah : pupuk organik (1:2) dan M4 = tanah : pupuk organik (2:1). Faktor II : Jenis Pupuk Kandang (P) yang terdiri dari 3 taraf, yaitu : P1 =  pupuk kandang ayam, P2 = pupuk kandang sapi dan P3 = pupuk kandang kambing. Hasil penelitian menunjukkan adanya interaksi antara komposisi media tanam  dan jenis pupuk kandang terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah bunga total pertanaman, jumlah buah total pertanaman, bobot buah total pertanaman dan panjang buah. Hasil terbaik diperoleh dari perlakuan kombinasi komposisi media tanam (1:2) dan pupuk kandang sapi (M2P2).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-01

How to Cite

Sari, K. D. A. N., Santoso, J., & Kusumaningrum, N. A. (2021). PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN JENIS PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG UNGU (Solanum melongena L.). Plumula : Berkala Ilmiah Agroteknologi, 9(1), 11–22. https://doi.org/10.33005/plumula.v9i1.103