Pengaruh Waktu Pemangkasan Pucuk pada Fase Vegetatif dan Dosis Pupuk Guano Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.)

Authors

  • Namirah Adinda Salsabila Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Didik Utomo Pribadi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Makhziah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/plumula.v12i1.136

Keywords:

Shoot Prunning, Guano Fertilizer, Cucumber

Abstract

Peningkatan pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun dapat dilakukan melalui pemupukan menggunakan pupuk guano karena dapat memperbaiki kesuburan tanah. Selain pemupukan, diperlukan perlakuan pemangkasan pucuk yang berguna untuk mengatasi adanya pertumbuhan vegetatif yang berlebihan pada tanaman. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kombinasi dosis pupuk guano dan waktu pemangkasan pucuk yang mana terbaik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2022 - Maret 2023 di Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial yang disusun berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor perlakuan. Faktor pertama yaitu Pemangkasan (0; 10; 13; dan 16 HST). Faktor kedua yaitu dosis Pupuk Guano (0; 75; 125; dan 175 g). Hasil penelitian menunjukkan kombinasi perlakuan waktu pemangkasan pucuk 13 HST dan dosis pupuk guano 175 g/tanaman memberikan pengaruh nyata pada parameter tinggi tanaman, jumlah bunga betina, dan bobot buah per tanaman.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Salsabila, N. A. ., Utomo Pribadi, D., & Makhziah. (2024). Pengaruh Waktu Pemangkasan Pucuk pada Fase Vegetatif dan Dosis Pupuk Guano Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.). Plumula : Berkala Ilmiah Agroteknologi, 12(1), 17–23. https://doi.org/10.33005/plumula.v12i1.136

Issue

Section

Articles