PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK BAWANG MERAH DAN AIR KELAPA PADA TAHAP MULTIPLIKASI PLANLET KENTANG (Solanum tuberosum [L.] cv. Granola) MENGGUNAKAN MEDIA MURASHIGE DAN SKOOG (MS)

Authors

  • Rr Khoirunnisa Asyahidah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Pangesti Nugrahani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Makhziah Makhziah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/plumula.v11i1.105

Keywords:

air kelapa, ekstrak bawang merah, pertumbuhan in-vitro, planlet kentang

Abstract

Peningkatan produktivias tanaman kentang dapat dilakukan dengan penyediaan bibit unggul yang bersertifikat seperti menggunakan metode perbanyakan secara kultur jaringan.  Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisis Pengaruh Kombinasi Ekstrak Bawang Merah Dan Air Kelapa Terhadap Pertumbuhan In-Vitro Planlet Kentang (Solanum Tuberosum [L.] cv. Granola) Pada Media Murashige Dan Skoog (MS). Rancangan percobaan yang digunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial Penelitian menggunakan 2 faktor perlakuan yaitu pemberian ekstrak bawang merah menggunakan 4 taraf B0(kontrol), B1(20 g L-1), B2(30 g L-1), B3(40 G L-1) dan air kelapa menggunakan 4 taraf  K0(kontrol), K1(50 ml L-1), K2(75 ml L-1) dan K3(100 ml L-1). Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi dengan kombinasi terbaik 20 g ekstrak bawang merah dan 50 ml air kelapa memberi pengaruh nyata pada perameter pertumbuhan panjang planlet dengan planlet kentang secara in vitro.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Asyahidah, R. K., Nugrahani, P., & Makhziah, M. (2023). PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK BAWANG MERAH DAN AIR KELAPA PADA TAHAP MULTIPLIKASI PLANLET KENTANG (Solanum tuberosum [L.] cv. Granola) MENGGUNAKAN MEDIA MURASHIGE DAN SKOOG (MS). Plumula : Berkala Ilmiah Agroteknologi, 11(1), 45–52. https://doi.org/10.33005/plumula.v11i1.105

Most read articles by the same author(s)