Submission

ONLINE SUBMISSION

Already have a Username/Password for PLUMULA?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

AUTHOR GUIDELINES

 

Jurnal Berkala Ilmiah Agroteknologi Plumula terbit dua kali dalam setahun, memuat suatu tinjauan terhadap hasil-hasil penelitian atau terhadap suatu topik yang berkaitan dengan aspek tanah, tanaman, dan hama penyakit.  Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, belum pernah diterbitkan atau tidak sedang dalam penyuntingan di publikasi lainnya.

Bentuk Naskah : Naskah diketik pada kertas ukuran A4 (21,0 x 29,7 cm) dengan jarak ketikan satu setengah spasi, dengan huruf Arial 11 point, pada satu permukaan saja dan maksimum10 halaman termasuk gambar dan tabel.  Jarak ketikan dari tepi kiri, kanan, atas dan bawah 3,0 cm. 

Judul : Judul harus ringkas dan jelas, yang menggambarkan isi pokok, maksimum 20 kata.  Di bawah judul harus tertulis nama penulis (atau para penulis), alamat email penulis untuk korespondensi.  Bila para penulis memiliki alamat yang berbeda, maka harus diberi tanda (misal dengan bintang 1 atau 2) dan masing-masing tanda diberi nama instansi atau universitasnya.

Abstrak : Ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia,  ditempatkan setelah nama penulis dan sebelum pendahuluan, pada halaman pertama.  Harus bersifat utuh dan mandiri, mengandung latar belakang dan tujuan, metode, hasil, dan kesimpulannya.  Panjang tulisan tidak melebihi 250 kata.  Kata Kunci (key word) ditulis setelah abstrak berjarak satu spasi dari bagian akhir abstrak.

Pendahuluan: Mengemukakan informasi secara urut tentang latar belakang, maksud dan tujuan, serta hipotesis penelitian (bila ada), dan disajikan secara ringkas dan jelas.  Studi pustaka dari penelitian terdahulu diusahakan jangan terlalu panjang.

Bahan dan Metode : Keterangan tentang waktu dan tempat penelitian disajikan pada bagian awal bagian awal Bahan dan Metode.  Semua bahan dan metode yang digunakan, seperti bahan kimia untuk analisis, perlakuan dan rancangan percobaan atau metode pengumpulan data harus dinyatakan dengan tegas dan jelas.  Bila menggunakan uji statistik, cukup ditulis metodenya (mis. RCBD atau faktorial).

Hasil dan Pembahasan: Hasil penelitian disajikan secara berkesinambungan dari mulai hasil penelitian utama hingga hasil penunjang, dilengkapi dengan pembahasan, dapat dibuat dalam suatu bagian yang sama atau terpisah.  Jika ada penemuan baru, hendaknya  tegasnya dikemukakan dalam pembahasan.  Hasil uji statistik dapat ditulis dalam bentuk tabel untuk menunjukkan ada tidaknya hasil  yang signifikan.  Bila dianggap perlu dicantumkan juga nilai uji statistiknya (nilai F-test, atau Chi-square atau lainnya).

Kesimpulan : Kesimpulan dari penelitian hendaknya dikemukakan secara jelas.  

Daftar Pustaka : Sumber pustaka yang dikutip minimal berjumlah 20 pustaka, baik berupa majalah ilmiah atau laporan termasuk yang belum diterbitkan dan disertasi harus dicantumkan dalam daftar pustaka. Sumber pustaka disusun menurut abjad, dan tahun penerbitan pustaka dengan abjad yang sama. Nama penulis, sumber pustaka dalam daftar pustaka dimulai dari nama kedua (keluarga), kemudian diikuti nama pertama (dalam bentuk singkatan).  Pustaka primer dari beberapa penulis diharapkan lebih banyak daripada pustaka sekunder, dan pustaka dari dalam negeri lebih banyak dari yang luar negeri.

Surat Menyurat :  Naskah tulisan dikirim rangkap dua ke alamat Redaksi Jurnal Berkala Ilmiah Agroteknologi Plumula, Jl. Raya Rungkut Madya Gunung Anyar Surabaya 60294 Tlp. (031)  8793653 Fax (031) 8793653 e-mail redaksi : plumulafaperta@upnjatim.ac.id

Template

 

Article Processing Charges (APCs) & Article Submission Charges

This journal charges the following author fees :

Article Submission FREE: 0.00 (USD) / 0.00 (IDR)

Article Processing Charges FREE: 0.00 (USD) / 0.00 (IDR)