PERILAKU POLINATOR Elaeidobius kamerunicus Faust (COLEOPTERA : CURCULIONOIDAE) PADA PEMBUNGAAAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq)

Authors

  • Dwi Afrian Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UPN ”Veteran” Jawa Timur
  • Wiwin Windriyanti Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UPN ”Veteran” Jawa Timur
  • Sri Wiyatiningsih Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UPN ”Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/plumula.v8i2.89

Keywords:

bunga kelapa sawit, perilaku, Elaidobius kamerunicus

Abstract

Kelapa sawit (Elaeis quineensis Jacq) adalah tanaman berumah satu (monocious) yang proses penyerbukannya memerlukan agen penyerbuk seperti serangga (entomofily). Serangga E. kamerunicus adalah serangga polinator spesifik kelapa sawit. Keberadaan E. kamerunicus bermanfaat bagi Fruit set tandan kelapa sawit. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari perilaku polinator E. kamerunicus pada pembungaan kelapa sawit, sehingga informasi yang diperoleh bermanfaat untuk mengevaluasi efektivitas E. kamerunicus sebagai polinator. Metode purposive sampling digunakan untuk menentukan tanaman sampel yang digunakan, sedangkan pengamatan perilaku kunjungan menggunakan metode focal sampling. Berdasarkan hasil pengamatan perilaku E. kamerunicus diperoleh bahwa durasi kunjungan E. kamerunicus yaitu 17,87 detik/bunga, dengan lama aktivitas dibunga jantan hari pertama, kedua dan ketiga masing-masing yaitu 3,29 menit, 1,39 menit dan 0,57 menit, laju kunjungan E. kamerunicus berdasarkan pada bunga betina dan bunga jantan yaitu masing-masing 2,32 bunga/menit dan 3,18 bunga/menit sedangkan laju kunjungan E. kamerunicus berdasarkan E. kamerunicus jantan dan E. kamerunicus betina pada bunga jantan yaitu  3,53 bunga/ menit dan  2,84 bunga/menit dengan periode waktu kunjungan E. kamerunicus pada bunga betina yaitu jam 09.00-13.00 WIB dan rata-rata jumlah individu E. kamerunicus jantan dan betina pada bunga betina kelapa sawit masing-masing yaitu 5 ekor dan 15 ekor.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-01

How to Cite

Afrian, D., Windriyanti, W., & Wiyatiningsih, S. (2020). PERILAKU POLINATOR Elaeidobius kamerunicus Faust (COLEOPTERA : CURCULIONOIDAE) PADA PEMBUNGAAAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq). Plumula : Berkala Ilmiah Agroteknologi, 8(2), 56–66. https://doi.org/10.33005/plumula.v8i2.89

Most read articles by the same author(s)