PENGARUH WAKTU PEMANGKASAN PUCUK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA VARIETAS TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.)

Authors

  • Mahargian Hammam Mu’afa Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Djarwatiningsih Djarwatiningsih Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Didik Utomo Pribadi Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, UPN “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/plumula.v8i1.87

Keywords:

cabai rawit, pemangkasan pucuk, varietas

Abstract

Salah satu cara peningkatan produksi komoditas tanaman cabai rawit dapat dilakukan dengan  waktu pemangkasan pucuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil tiga varietas cabai rawit akibat perlakuan waktu pemangkasan pucuk. Penelitian ini dilaksanakan di greenhouse UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Timur pada Pebruari-Juni 2019. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial yang terdiri dari dua faktor dan diulang tiga kali. Faktor pertama yaitu waktu pemangkasan pucuk dengan empat taraf perlakuan, antara lain tanpa pemangkasan pucuk, pemangkasan pucuk 7 hst, 14 hst dan 21 hst. Faktor kedua yaitu varietas dengan tiga taraf yaitu, varietas Mhanu F1, CR ASA 7 dan OR Kencana. Parameter pengamatan meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah cabang produktif, jumlah bunga, jumlah buah per periode panen, jumlah buah total,  fruit set, bobot buah per periode panen dan bobot total buah segar. Perlakuan kombinasi P3V3 (pemangkasan pucuk pada umur 21 hst, varietas OR Kencana)  menghasilkan jumlah buah total terbanyak (102 buah) dan bobot buah segar total terberat (288,10 g), berbeda nyata dengan semua perlakuan. Perlakuan waktu pemangkasan pucuk berpengaruh nyata pada semua parameter pengamatan. Penggunaan tiga varietas berpengaruh nyata pada parameter tinggi tanaman, jumlah bunga, jumlah buah tanaman per panen dan bobot buah segar tanaman per panen.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-01

How to Cite

Mu’afa, M. H., Djarwatiningsih, D., & Pribadi, D. U. (2020). PENGARUH WAKTU PEMANGKASAN PUCUK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA VARIETAS TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) . Plumula : Berkala Ilmiah Agroteknologi, 8(1), 43–55. https://doi.org/10.33005/plumula.v8i1.87